WHO WE ARE

Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall.
- Confucius -

Pada pertengahan tahun 1979, Kwan / Iwan Sukamto Wiguno mendapat pesanan untuk memotret anak-anak dari kepala dinas PDK kecamatan Kawunganten yang bernama bapak Petrus Pariman. Beliau meminta Kwan untuk memotret anak-anak Sekolah Dasar se-kecamatan Kawunganten. Pada saat itu kecamatan Bantarsari masih menjadi satu bagian kecamatan Kawunganten. Hasil foto kwan belum dapat dicetak di Kawunganten karena kwan belum dapat mengerjakan sendiri. Kwan meminta saya ( Hartono ) yang pada saat itu bekerja di Studio Gaya Bebas Sidareja untuk mencetak hasil pemotretan tersebut.

Kwan dan saya membuka studio foto pada tahun 1980 dengan nama “ Foto Studio Yunior “ dengan alamat Jln Masjid Jami Kawunganten / depan kantor listrik desa yang dulunya merupakan bekas pasar kawunganten. Mereka bekerja bersama-sama dengan pembagian tugas saya memotret diluar studio sedangkan Kwan memotret di dalam studio. Untuk menambah penghasilan, saya menjual kaset yang pada saat itu sedang musimnya. Pelawak banyumasan yang bernama Peang Penjol sangat popular serta banyak lagu-lagu lainnya. Selain itu saya juga membuka layanan strum accu sedangkan Iwan terkadang menjadi supir mobil pak Imam Sujono yang merupakan om nya sendiri.

Usaha kami berdua berpisah karena  iwan diterima bekerja di dealer mobil ternama di Cirebon sedangkan saya masih berlanjut sampai kontrakan rumah habis. Setelah kontrakan habis, saya kemudian mendirikan studio foto dengan nama “ Foto Studio dan Photocopy Canceria “ pada tahun 1983. Saya menempati rumah sendiri di tanah milik PT KAI ( waktu itu bernama PJKA ) yang berlokasi di utara rel ( Gadog ). Tak lama setelah itu, PLN masuk ke desa Kawunganten, sehingga layanan strum accu dan jual kaset dihentikan dan diganti dengan usaha menjual alat alat listrik.

Pada tahun 1989, saya menikah dengan seseorang yang bernama Debora Sukariyani yang merupakan pelanggan saya sendiri, hehehe ... istri saya ini adalah orang Gancahan, Godean, Sleman Yogyakarta dan kami saat ini sudah dikaruniai empat orang anak. Puji Tuhan… !

Pada tahun 1994, pindah lagi menempati rumah toko di tanah sendiri yang berada di dusun Karangsari RT 01 / 04 Kawunganten Kidul. Dirumah yang baru ini saya membuka “ Studio Foto Canceria 2 “ sebagai studio utama  sedangkan ruko yang berada di gadog sebagai cabangnya. Karena keterbatasan sumber daya manusia, studio foto di ruko di Gadog ditutup dan rumah tersebut disewakan dengan jangka waktu 2010 sampai dengan 2019.

Yah.. itu sejarah dari berdirinya Photo Studio Canceria. Salam… Y. Suhartono…

( Studio Foto Canceria )